Blog

Stasiun Meteorologi dengan Stasiun Cuaca

Stasiun Meteorologi dengan Stasiun Cuaca – Stasiun meteorologi merupakan sebuah bangunan stasiun yang terdapat peralatan dan perlengkapan untuk keperluan pengamatan meteorologi. Sebelum kita membahas tentang stasiun meteorologi, sebelumnya kita harus meteorologi sendiri itu adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat – sifat atmosfer seperti cuaca, iklim, suhu, udara, angin, kelembaban, cahaya matahari dan berhubungan dengan sifat fisika dan kimia.

Stasiun Meteorologi dengan Stasiun Cuaca

Stasiun meteorologi digunakan untuk keperluan prakiraan cuaca atau curah hujan dengan bentuk yang besar dan hanya dapat memantau perubahan cuaca di suatu tempat. Sedangkan stasiun cuaca adalah sebuah peralatan pemantauan cuaca yang disatukan dan berbentuk lebih kecil dari stasiun meteorologi, akan tetapi keduanya memiliki fungsi yang sama dan juga dapat dipindahkan untuk suatu keperluan.

Stasiun cuaca memiliki suatu kerangka yang digunakan untuk menopang sensor pengamatan cuaca. Sensor ini berupa sensor untuk pengamatan suhu, kelembaban, angin maupun curah hujan. Seiring perkembangan zaman, stasiun cuaca ini semakin berkembang baik dari segi teknologi, fungsi dan fitur yang terdapat di dalamnya.

Stasiun meteorologi dan stasiun cuaca mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk memantau perubahan atmosfer dan lingkungan yang khususnya cuaca, akan tetapi stasiun meteorologi dan stasiun cuaca mempunyai perbedaan yang signifikan satu sama lain.

Berikut adalah perbedaan antara stasiun meteorologi dengan stasiun cuaca :

Perbedaan stasiun meteorologi dan stasiun cuaca adalah stasiun meteorologi berbentuk bangunan dan biasanya hanya memantau satu wilayah tertentu, jarak pengamatan terbatas namun dapat mengamati banyak parameter cuaca seperti suhu, iklim, angin, cahaya matahari, curah hujan dan sebagainya.

Stasiun meteorologi biasanya digunakan untuk mengamati cuaca dalam wilayah yang besar dan mempunyai stasiun pusat, untuk data hasil pengamatan stasiun meteorologi, biasanya diolah terlebih dahulu melalui komputer. Kemudian hasilnya dapat dilihat melalui monitor pemantauan yang pada saat ini stasiun meteorologi sudah menggunakan live data. Hal ini akan membuat hasil pengamatan dapat dilihat secara langsung dalam waktu bersamaan.

Berbeda dengan stasiun cuaca yang biasanya berbentuk kerangka yang digunakan untuk menopang alat – alat pemantauan cuaca seperti halnya sensor angin, sensor curah hujan, sensor cahaya matahari, sensor suhu dan kelembaban, serta sensor lainnya yang mendukung pengamatan cuaca. Stasiun Cuaca dapat dipindahkan dan untuk pemantauan dapat dilakukan di perangkat mobile, selain itu stasiun cuaca dapat diletakkan di beberapa titik sehingga dapat melakukan pemantauan lebih luas.

Salah satu contoh stasiun meteorologi adalah stasiun meteorologi jakarta, bandung, atau kota lainnya di Indonesia, sedangkan contoh dari stasiun cuaca adalah Weather Station AW006 (bisa diganti sesuai yg cocok). Weather Station 006 adalah alat pemantau cuaca yang terdapat fitur live data dan dapat melihat langsung perubahan cuaca melalui perangkat mobile (laptop atau smartphone). Dengan begitu pemantauan cuaca dapat dilakukan dengan mudah, selain itu hasil prediksi cuaca juga dapat lebih akurat.

comments powered by Disqus
Close
Close