Blog

Penyebab Terjadinya Badai

Penyebab Terjadinya Badai – Badai atau yang di Indonesia juga dikenal dengan nama angin topan merupakan gejala alam yang dapat menimbulkan bencana yang membahayakan. Badai sendiri juga dikenal dengan angin siklon tropis oleh para meteorologi yang merupakan sebuah keadaan cuaca ekstrim yang dimulai dari hujan es dan badai salju hingga pasir dan debu.

Penyebab Terjadinya Badai

Badai berasal dari samudera yang hangat, badai bergerak di atas macam – macam laut dengan mengikuti arah angin yang mempunyai kecepatan hingga 20 km/jam. Badai biasa mempunyai kekuatan yang luar biasa, kekuatan badai bisa mencabut akar pohon yang besar dari tanah, mematahkan jembatan, serta dengan mudah menerbangkan atap rumah.

Selain kekuatannya yang berbahaya, badai juga biasanya membawa hal yang berbahaya lainnya yang perlu kita waspadai. Ada tiga hal yang diwaspadai dari badai, yaitu sambaran petir, banjir bandang serta kehadiran angin yang sangat kencang.

Penyebab Terjadinya Badai

Badai juga merupakan peristiwa alam yang tentunya terjadi bukan tanpa adanya penyebab, peristiwa alam terjadi karena diakibatkan oleh berbagai hal. Seperti halnya bencana alam yang terjadi di Bumi pasti disebabkan oleh berbagai macam sebab. Hal ini termasuk juga dengan badai yang terjadi dapat disebabkan karena beberapa hal yaitu :

  1. Tingginya suhu permukaan air laut

Tingginya suhu pada permukaan air laut merupakan penyebab paling umum yang dapat menyebabkan terjadinya badai. Permukaan laut yang memiliki suhu tinggi akan kontras dengan suhu yang ada di bawah permukaan laut atau suhu di dalam air dan inilah yang akan memicu terjadinya badai. Hal ini juga sama seperti kasus penyebab terjadinya angin topan.

  1. Perubahan yang terjadi di atmosfer bumi

Suhu permukaan laut yang tinggi ini akan berpengaruh langsung terhadap perubahan yang terjadi pada lapisan atmosfer kita. Suhu permukaan air laut yang tinggi ini dapat mengakibatkan perubahan yang terjadi di lapisan atmosfer bumi, hal ini akan menghasilkan energi yang diantaranya adalah kemunculan petir dan juga badai. Ketika terjadi gejala badai ditandai dengan munculnya angin besar yang mempunyai kekuatan sangat kencang yang dapat mencapai 250 km/jam, luar biasa bukan.

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi kini berbagai gejala alam tersebut dapat kita amati. Dengan adanya alat pemantau cuaca / weather station maupun satelit pemantau cuaca kita dapat mengamati gejala alam yang sedang terjadi untuk memprediksi hal yang akan terjadi. Namun walau begitu tetap saja ada keadaan alam yang memang sulit untuk diprediksi atau bahkan dijelaskan.

comments powered by Disqus

Check Also

Close
Close
Close