Blog

Manfaat Mengetahui Kecepatan Angin

Manfaat Mengetahui Kecepatan Angin – Angin merupakan pergerakan udara yang dari suatu tempat ke tempat lain di bumi ini. Angin ini merupakan peristiwa alami yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi cuaca dan iklim.

Manfaat Mengetahui Kecepatan Angin

Secara alami angin mempunyai banyak manfaat bagi alam, salah satunya adalah menurunkan suhu panas pada suatu wilayah, sebagai pengatur kelembaban, pembawa awan hujan, dll. Namun angin yang terlalu kencang yang mempunyai sifat merusak seperti angin tornado atau puting beliung tentu akan menyebabkan banyak masalah.

Selain mempunyai manfaat alami tersebut, seiring perkembangan zaman juga membuat angin ini akan mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan kita. Karenanya kecepatan angin ini sering dipantau untuk kelancaran aktivitas pada bidang tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat mengetahui kecepatan angin :

  1. Bidang Perhubungan

Moda transportasi pesawat tentu akan sangat memperhatikan faktor kecepatana angin untuk kelancaran penerbangannya. Angin yang kencang tentu akan mengganggu kelancaran penerbangan pesawat meskipun pesawat sendiri sudah memiliki berbagai fitur dan perlengkapan untuk menghadapi berbagai situasi selama penerbangan. Namun hal ini juga tidak boleh diabaikan adanya. Selain pesawat, kelancaran pelayaran kapal juga bergantung pada kecepatan angin.

  1. Bidang Telekomunikasi

Kecepatan angin ternyata juga akan mempengaruhi pada bidang telekomunikasi selain faktor cuaca dan iklim. Berbagai bidang telekomunikasi menggunakan lapisan ionosfer sebagai medianya, tentu angin yang berhembus kencang juga dapat mengganggu lapisan atmosfer terutama ionosfer tersebut. Lapisan yang mengandung partikel – partikel ionisasi dan bermuatan listrik dimana dengan adanya lapisan ionosfer ini kita bisa mendengarkan siaran radio / menonton televisi ini dapat terganggu bila terjadi angin kencang.

  1. Bidang Pariwisata

Faktor Kecepatan angin juga akan mempengaruhi pelaksanaan wisata baik wisata darat maupun laut selain faktor banyaknya cahaya matahari, cuaca cerah, serta udara yang sejuk / panas / kering. Tentu perjalanan wisata dapat kita nikmati dengan baik bila cuaca dan iklimnya sedang bersahabat.

  1. Bidang Pertanian

Kecepatan angin yang ideal pada pertanian adalah sekitar 19 – 35 km/jam karena pada keadaan kecepatan angin yang tidak kencang maka serangga penyerbuk bisa lebih aktif membantu terjadinya persarian bunga. Apabila angin kencang sedang berhembus maka hal ini dapat mempengaruhi keberadaan serangga yang akan berpengaruh terhadap keberhasilan penangkaran benih.

Cara mengetahui kecepatan angin

Tentu karena mempunyai banyak manfaat penting dalam bidang tersebut maka penting pula untuk mengetahui kecepatan angin. Dengan perkembangan teknologi, kini kita dapat mengetahui kecepatan angin dengan mengukurnya menggunakan alat yang bernama Anemometer atau dapat juga menggunakan weather station. Selain itu kita juga dapat mengukurnya menggunakan alat pemantau cuaca / weather station, namun tentunya alat tersebut memiliki harga yang lebih mahal pula.

comments powered by Disqus

Check Also

Close
Close
Close