Blog

Manfaat Cuaca dan Iklim

Manfaat Cuaca dan Iklim – Cuaca dan iklim merupakan dinamika alam yang terjadi di sekitar kita. Keduanya akan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, namun seringkali perilaku kita yang terlalu mengeksploitasi alam menyebabkan perubahan cuaca dan iklim.

Manfaat Cuaca dan Iklim

Karena cuaca dan iklim ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita maka dengan mengetahui prediksi cuaca dan iklim akan sangat membantu kita. Kini hal tersebut sudah dapat kita lakukan, dengan bantuan berbagai peralatan canggih seperti satelit maupun alat pemantau cuaca (Weather Station) kita dapat memprediksi cuaca dan iklim dengan lebih akurat.

Mengetahui informasi tentang cuaca dan iklim tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, berikut adalah manfaat prakiraan cuaca dan iklim :

  1. Bidang Pertanian

Suhu, curah hujan dan pola musim akan sangat mempengaruhi sektor atau usaha di bidang pertanian. Karena Indonesia memiliki iklim tropis maka disini sangatlah mendukung untuk usaha pertanian, karena penyinaran matahari yang cukup ditambah dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun.

  1. Bidang Perhubungan / Transportasi

Faktor cuaca, curah hujan dan kecepatan angin sangat menentukan dalam dunia perhubungan atau transportasi khususnya untuk moda transportasi udara dan laut yaitu pesawat dan kapal. Melakukan penerbangan di daerah dengan iklim tropis biasanya tidak senyaman ketika melakukan penerbangan pada daerah beriklim sedang. Hal ini karena daerah yang beriklim tropis udara selalu lembab dan banyak ditutupi oleh awan sehingga penerbangan sering terganggu.

  1. Bidang Pariwisata

Negara Indonesia yang memiliki iklim tropis ditambah dengan keindahan alam yang luar biasa maka akan banyak mengundang wisatawan asing. Terlebih lagi dengan iklim tropis membuat penyebaran flora dan fauna yang semakin menambah keragaman hayati di tanah Indonesia.

  1. Pemanfaatan Iklim dalam Bidang Industri

Industri tidak bisa lepas kaitannya dengan iklim, sebagai contoh suatu pabrik kertas tidak mungkin didirikan di daerah dengan iklim yang dingin. Hal ini karena pembuatan kertas yang dilakukan pada daerah beriklim dingin maka akan menyebabkan kertas rusak.

Sedangkan pada industri elektronik seperti AC (air Conditioner) juga berkembang di Indonesia untuk mengatasi keadaan cuaca yang panas. Lain halnya dengan industri – industri kecil seperti pengrajin payung, topi, jas hujan, dan lainnya yang berkembang untuk menyediakan sarana perlindungan terhadap air hujan.

comments powered by Disqus
Close
Close