Blog

Manfaat BMKG Bagi Masyarakat

Manfaat BMKG Bagi Masyarakat – BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan sebuah lembaga yang dibentuk untuk mengamati aktivitas alam seperti cuaca dan iklim serta prakiraannya hingga bencana alam dan antisipasinya.

Bagi masyarakat umum mungkin mengetahuinya hanya sebagai lembaga yang bertugas untuk meramalkan cuaca pada suatu wilayah, namun tahukah Anda bahwa BMKG mempunyai fungsi yang lebih dari hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat BMKG bagi masyarakat yang mungkin jarang diketahui :

  1. Meramalkan cuaca

Meramal cuaca merupakan fungsi paling umum yang ada di BMKG, lembaga ini memang secara rutin selama 24 jam mengamati gejala alam pada suatu wilayah. Dengan alat seperti halnya alat pemantau cuaca / weather station hingga satelit pemantau cuaca akan digunakan BMKG untuk mengumpulkan data cuaca. Data ini kemudian akan dianalisa dan hasilnya akan diteruskan ke stasiun televisi, radio, internet, dll untuk disebarluaskan ke masyarakat umum.

  1. Memprediksi pergerakan awan

Pergerakan dan jenis awan yang ada di langit merupakan salah satu parameter cuaca yang mudah untuk diamati. BMKG memberikan informasi penting mengenai pergerakan awan, memperkirakan daerah mana saja yang akan mengalami mendung atau hujan sangat lebat, maupun hujan disertai petir dsb.

  1. Memberikan informasi terkait parameter dan kondisi dalam penerbangan

Moda transportasi udara atau pesawat kini banyak menjadi primadona masyarakat karena waktu tempuh yang lebih cepat, dsb. Namun tahukah Anda bahwa moda transportasi penerbangan ini tidak diperbolehkan beroperasi dan terbang sebelum mendapatkan laporan kondisi cuaca dan kondisi keadaan langit dari BMKG lebih dulu. Parameter cuaca seperti kecepatan angin, arah angin, jenis awan dan juga kondisi cuaca terkini harus dilaporkan lebih dahulu oleh BMKG sebelum pesawat beroperasi.

  1. Untuk memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi dan parameter dalam pelayaran kapal laut

Sama seperti moda transportasi udara, moda transportasi laut seperti kapal laut juga membutuhkan informasi seputar cuaca di daerah laut lebih dahulu sebelum melaut. Hal ini penting bagi nahkoda dan ABK agar mereka mengetahui kondisi laut apakah bergelombang kecil, sedang maupun tinggi nantinya yang akan dihadapi.

  1. Memprediksi bencana alam

Bencana alam dapat menimpa pada berbagai daerah di dunia ini, terlebih lagi di Indonesia yang memiliki banyak sekali gunung berapi, berada pada lempeng – lempeng tektonik dan juga memiliki wilayah laut yang luas. Oleh karena itu diperlukan informasi yang akurat mengenai bencana alam yang kemungkinan akan terjadi dari BMKG kepada masyarakat umum. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dampak yang mungkin akan muncul ketika suatu bencana, seperti gunung meletus dan juga tsunami akan terjadi.

  1. Memberi peringatan dini kepada warga sekitar mengenai gejala alam

Hal ini berhubungan dengan kondisi akan munculnya bencana maupun keadaan alam yang tidak bersahabat, disini BMKG merupakan salah satu pihak otoritas yang dapat merilis mengenai peringatan dini mengenai gejala – gejala alam yang mungkin akan terjadi. Tidak hanya itu, kondisi hujan es ataupun angin ribut juga dapat diprediksi oleh pihak BMKG, Hal ini dapat digunakan sebagai peringatan dini bagi warga masyarakat.

  1. Melakukan prosedur hujan buatan

Di Indonesia sendiri mempunyai satu musim kemarau atau panas dimana pada kondisi tersebut tanah dan lingkungan akan menjadi sangat kering dan juga gersang karena intensitas hujan yang rendah atau bahkan tidak ada. Karenanya salah satu fungsi BMKG juga dapat melakukan prosedur hujan buatan, fungsi ini mungkin jarang diketahui. Disini BMKG akan menanamkan bibit hujan pada awan putih sehingga akan menjadi awan hujan dan turun rintik air / hujan dan membasahi daerah yang mengalami kekeringan. Namun disini tetap diperlukan adanya awan untuk membuat hujan buatan.

  1. Memberikan informasi tentang perubahan cuaca ekstrim dan juga perubahan iklim kepada masyarakat

Informasi tentang perubahan cuaca ekstrim yang terjadi pada suatu daerah ataupun juga mengenai perubahan iklim juga perlu disampaikan kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai perubahan cuaca dan juga iklim yang terjadi.

  1. Melakukan penelitian mengenai klimatologi

Dalam pengembangan segala bentuk dan jenis penelitian mengenai cuaca, iklim dan juga klimatologi juga merupakan salah satu fungsi dari BMKG, hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk kepentingan ilmu pengetahuan terkait di masa yang akan datang.

  1. Menentukan posisi bulan dan juga benda angkasa lainnya

Fungsi BMKG lainnya adalah dalam menentukan lokasi dan titik posisi dari bulan dan juga benda angkasa lainnya, hal ini akan terasa manfaatnya ketika bulan puasa dan juga lebaran akan datang. BMKG dapat membantu untuk mengukur dan melihat posisi bulan yang berfungsi untuk patokan para umat Muslim untuk menentukan tanggal puasa dan lebaran.

  1. Memberikan informasi mengenai benda langit yang sedang berada di dekat bumi

Benda langit terkadang melintas di dekat bumi dan kondisi ini dapat diprediksi oleh para ahli di BMKG. Informasi ini kemudian akan diteruskan kepada masyarakat mengenai benda angkasa apa saja yang sedang berada di dekat bumi dan juga untuk kepentingan penelitian maupun ilmu pengetahuan.

  1. Menjelaskan fenomena alam

Terkadang ada beberapa fenomena alam yang agak sulit dijelaskan bagi orang awam yang tidak memahami alam, namun dengan adanya BMKG dapat membantu masyarakat dalam memahami fenomena – fenomena alam yang terjadi sehari – hari agar tidak terjadi kebingungan.

comments powered by Disqus
Close
Close