Blog

Keadaan Laut dan Cara Memantaunya

Keadaan Laut dan Cara Memantaunya – Lautan merupakan permukaan bumi yang sangat luas yang dipenuhi air, di Indonesia sendiri sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Bahkan di bumi sebagian besar wilayahnya adalah lautan dimana sekitar ⅔ adalah wilayah lautan sedangkan sisanya barulah daratan.

Keadaan Laut dan Cara Memantaunya

Sangat luasnya lautan juga  membuat banyak sumber dayanya yang belum terjamah manusia, lautan juga memegang peranan penting di dunia. Oleh karena itu kita perlu untuk mengerti dan memahami keadaan laut, untuk lebih jelasnya kita akan membahas tentang keadaan di lautan dan cara memantaunya.

Pengertian Keadaan Laut

Dalam dunia pelayaran maupun orang yang akan berlayar maka wajib hukumnya untuk mengetahui keadaan lautan yang akan diarunginya. Menurut ilmu yang mempelajari tentang laut atau Oseanografi, keadaan laut merupakan kondisi umum permukaan bebas di wilayah perairan besar yang dipengaruhi oleh gelombang angin dan arus air di lokasi serta waktu tertentu. Kondisi seperti gelombang laut, kekuatan arus, panjang gelombang bahkan kekuatan angin itu sendiri merupakan hal – hal yang termasuk di dalam keadaan laut yang perlu diketahui dalam pelayaran. Keadaan laut ini akan dikarakterisasikan dalam bentuk statistik, termasuk tingkat arus, periode serta spektrum kekuatannya.

Apakah Keadaan Laut Berubah – ubah?

Keadaan atau kondisi yang ada di lautan akan sangat bergantung pada kekuatan anginnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa kondisi atau keadaan laut juga dapat berubah – ubah karena kekuatan angin di lautan juga dapat berubah – ubah. Kekuatan angin yang semakin kuat atau kencang juga akan menyebabkan gelombang laut yang diciptakan akan semakin besar, dalam kondisi yang ekstrim bahkan gelombang yang tercipta dapat mencapai beberapa meter yang dapat menjangkau ekosistem pantai. Angin yang tidak terlalu kencang cenderung akan menciptakan gelombang yang tenang.

Apakah Keadaan Laut  Bisa Dipantau?

Tentu karena keadaan atau kondisi laut yang sering berubah – ubah maka wajib juga bagi pelayaran untuk mengetahui kondisi atau keadaan laut. Terlebih lagi jika pelayaran akan dilakukan dalam waktu lama dan menempuh jarak yang sangat panjang maka persiapan termasuk pengetahuan tentang kondisi laut harus sangat matang. Mungkin bagi orang yang berpengalaman seperti marinir yang sudah terlatih dapat mengetahui kondisi atau keadaan laut dengan lebih mudah, namun bagaimana bila tidak ada marinir yang sangat berpengalaman. Keadaan laut sendiri dapat dipantau menggunakan bantuan alat – alat seperti pemantau cuaca / weather station, radar gelombang hingga satelit pemantau cuaca.

comments powered by Disqus
Close
Close