Blog

Jenis Keadaan Cuaca di Laut

Jenis Keadaan Cuaca di Laut – Lautan merupakan wilayah perairan yang memenuhi ⅔ bumi, bahkan di Indonesia sendiri sebagian besarnya adalah wilayah lautan. Dengan luasnya wilayah laut dan berbagai potensi sumber daya yang ada di dalamnya membuat kita harus semakin mengerti dan memahami keadaan laut, dan salah satu yang harus dipahami dari laut adalah keadaan cuacanya.

Jenis Keadaan Cuaca di Laut

Dalam dunia pelayaran, keadaan cuaca di laut memegang peranan penting dalam lalu lintas pelayaran. Keadaan laut ini merupakan kondisi umum permukaan bebas di wilayah perairan besar yang dipengaruhi oleh gelombang angin dan arus air di lokasi serta waktu tertentu. Keadaan laut terdiri atas gelombang laut, kekuatan arus, panjang gelombang hingga kekuatan dari angin itu sendiri yang dikarakterisasikan secara statistik, termasuk tingkat arus, periode serta spektrum kekuatan.

Gelombang laut atau ombak juga menjadi keadaan laut yang harus sangat diperhatikan. Saat kita naik kapal tentu kita akan menyadari bahwa permukaan laut itu tidaklah tenang namun bergelombang dan keadaan permukaan air laut yang selalu berubah – ubah inilah yang disebut dengan gelombang atau ombak.

Besarnya gelombang laut ini sering berubah – ubah yang terkadang gelombang akan terasa besar dan terkadang pun terasa tenang, gelombang laut yang besar tentunya akan berbahaya bagi pelayaran. Faktor angin dan cuaca inilah yang akan mempengaruhi besar kecilnya gelombang yang ada di lautan.

Jenis angin yang ada di wilayah lautan sendiri ada beberapa macam, diantaranya adalah angin darat dan angin laut. Angin darat merupakan angin yang bertiup dari darat ke laut, angin ini bertiup pada malam hari biasanya. Sedangkan angin laut adalah angin yang bertiup dari laut ke darat yang biasa bertiup pada pagi hari, hal ini juga menyebabkan pada waktu – waktu tersebut angin sedang bertiup dengan kencang dibandingkan waktu lainnya.

Perlu diketahui bahwa kekuatan angin akan sangat berpengaruh terhadap keadaan laut, karenanya keadaan laut dapat berubah – ubah sesuai dengan kondisi dan kekuatan angin yang ada di lautan. Angin yang kencang tentu akan menyebabkan gelombang laut yang tinggi dan dapat mencapai beberapa meter bahkan dapat mencapai ekosistem pantai, sedangkan apabila angin sedang tidak kencang maka gelombang laut pun juga tidak terlalu besar.

Apakah Keadaan Laut  Bisa Dipantau?

Keadaan laut yang dapat berubah – ubah setiap waktu tentu membuat segala aktivitas yang berhubungan dengan kelautan perlu memperhatikan dan mengawasi keadaan laut. Bagi orang – orang yang berpengalaman seperti marinir yang sudah terlatih maka memahami keadaan laut adalah hal yang sudah biasa bagi mereka. Namun bagaimana untuk mereka yang belum terlatih?

Keadaan laut sendiri dapat dipantau melalui beberapa alat seperti pemantau cuaca, radar gelombang, alat pemantau cuaca / weather station maupun satelit. Dengan bantuan alat tersebut maka keadaan laut dapat lebih diamati dan diperhatikan untuk membantu dalam aktivitas pelayaran.

comments powered by Disqus
Close
Close