Blog

Jenis Jenis Badai

Jenis Jenis Badai – Badai merupakan peristiwa alam yang luar biasa yang berkaitan dengan cuaca, saat terjadi biasanya badai akan menimbulkan banyak kerusakan di daerah yang dilaluinya. Badai biasanya akan ditandai dengan berbagai gejala yang mendahuluinya.

Jenis Jenis Badai

Berbagai gejala tersebut ada yang dapat diamati secara langsung dengan mata kita, namun ada juga yang membutuhkan bantuan alat canggih. Alat tersebut seperti halnya satelit pemantau cuaca atau alat pemantau cuaca / weather station dan berbagai alat pemantau cuaca canggih lainnya.

Pemantauan cuaca ini penting karena bila akan terjadi badai besar maka kita dapat meminimalisir jumlah korban jiwa bahkan meniadakannya. Walau begitu masih banyak unsur cuaca yang tidak dapat dipelajari secara khusus atau yang diluar prediksi sebelumnya, namun biasanya badai besar pastilah akan memiliki gejala – gejala khusus terlebih dahulu.

Lantas apakah Anda tahu jenis badai ada saja yang ada di bumi ini, berikut adalah jenis jenis badai yang ada di bumi dan yang sudah diketahui :

Tornado

Tornado merupakan kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus, akan tetapi tornado juga dapat terjadi dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah dimana tornado jenis ini adalah jenis yang langka. Umumnya tornado berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya menyempit menyentuh bumi, tornado juga muncul dalam berbagai ukuran. Seringkali tornado juga dikelilingi oleh awan yang membawa puing – puing.

Tornado umumnya memiliki kecepatan angin mencapai 177 km/jam atau lebih dengan jangkauannya sekitar 75 m yang akan menempuh perjalanan beberapa kilometer sebelum akhirnya menghilang. Akan tetapi beberapa tornado juga pernah ditemukan mencapai kecepatan 300 – 480 km/jam yang memiliki diameter 1,6 km dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.

Badai Pasir

Badai pasir merupakan fenomena meteorologi yang umum terjadi pada wilayah arid dan semi-arid yang disebabkan karena meningkatnya kecepatan angin dalam suatu wilayah yang luas. Umumnya badai pasir ini terjadi pada tanah yang kering dan tentunya berpasir.

Badai pasir ini bahkan dapat membawa bukit pasir sehingga pasir yang terbawa dapat mencapai tinggi 1,6 km dan membentuk seperti halnya dinding pasir. Daerah yang sering dilanda badai pasir biasanya memiliki julukannya masing – masing terhadap badai tersebut, seperti halnya di wilayah sahara biasnaya disebut simoom atau simoon (sîmum, sîmun).

Badai Salju

Badai salju terjadi saat udara yang dingin bertemu dengan udara yang hangat dan basah, ketika massa udara yang hangat dan basah dan massa udara yang dingin tersebut dapat mencapai diameter 1.000 km atau lebih maka dapat menyebabkan badai salju. Badai salju yang mempengaruhi Amerika Serikat Timur Laut sering kali mendapatkan uap air dari udara yang berpindah ke utara dari Teluk Meksiko. Selain itu udara dingin dari massa udara yang datang dari Arktik juga akan mempengaruhinya.

Badai Api

Badai api juga sering disebut dengan tornado api atau setan api merupakan fenomena alam yang jarang terjadi dan biasanya terjadi dalam kondisi suhu dan arus udara memungkinkan untuk membentuk gerakan berputar secara vertikal yang terdapat dalam badai api, hal ini sama seperti tornado. Pusaran ini akan terbentuk dari api yang dapat terpisah langsung dari sumber api yang terbakar sehingga memungkin pusaran badai api ini bergerak menjauhi sumber api dan membakar area di sekitarnya. Adanya kebakaran hutan dapat menyebabkan badai api yang besar karena ia terbentuk saat udara panas dan api bertemu dan membentuk pusaran. Biasanya tornado ini dapat mencapai tinggi 10 – 50 meter dan akan bertahan beberapa menit, akan tetapi ada beberapa yang dapat mencapai tinggi mencapai kilometer yang kecepatan pusarannya mencapai 160 km/jam dan bertahan hingga 20 menit.

Badai Petir

Badai petir ini merupakan bentuk cuaca yang dikenali dari munculnya guntur dan petir yang dapat terjadi di seluruh dunia. Badai petir bahkan dapat terjadi di wilayah kutub sekalipun, dengan frekuensi terkuat di daerah hutan hujan tropis yang dapat terjadi setiap hari. Kampala dan Tororodi Uganda telah dianggap sebagai tempat paling banyak petir di Bumi, bahkan Bogorpun juga telah mendapatkan gelar yang sama.

Badai Meteor (Hujan Meteor)

Hujan meteor merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam yang terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid yang memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi. Biasanya meteor ini mempunyai ukuran yang kecil dan serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorit. Pada umumnya ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan serpihannya masuk ke dalam atmosfer bumi maka akan terjadi badai meteor.

comments powered by Disqus
Close
Close