Blog

Gas Pencemar Udara

Gas Pencemar Udara – Bagi Anda yang tinggal di kota – kota besar apakah Anda pernah merasa sesak bernafas karena pencemaran udara? Kota besar yang padat penduduk dengan lalu lalang kendaraan yang intens hingga aktivitas industri yang kontinyu sangat memungkinkan mengalami pencemaran udara.

Gas Pencemar Udara

Beragam gas yang dihasilkan dari berbagai aktivitas tersebut akan menyebabkan pencemaran udara pada lingkungan sekitarnya, lantas jenis gas apa saja yang dapat menjadikan pencemaran udara? Berikut adalah beberapa gas pencemar udara yang berbahaya bagi lingkungan :

Gas Pencemar Udara

  1. Gas CO (Karbon monoksida)

Karbon monoksida adalah gas pencemar udara yang sangat berbahaya bagi tubuh, gas ini dapat berikatan dengan hemoglobin dalam tubuh yang dapat menyebabkan terganggunya proses pengikatan oksigen oleh darah. Bahkan apabila seseorang menghirup gas CO dalam kadar yang terlalu banyak maka dapat menyebabkan kematian, sedangkan dalam kadar yang sedikit sudah cukup untuk membuat seseorang merasa sakit kepala, pusing, mata berkunang – kunang, lemas dan mual – mual.

  1. Gas CO2 (Karbon dioksida)

Dalam proses fotosintesis tumbuhan, gas karbon dioksida sangat diperlukan untuk proses menghasilkan bahan makanan, lantas bagaimana jika jumlah CO2 di udara terlalu banyak? terlebih lagi bila jumlah tumbuhan tidak sebanding dengan jumlah CO2 di udara. Gas CO2 yang terlalu banyak akan naik ke atmosfer dan menghalangi pemancaran panas dari bumi. Hal ini akan menyebabkan panas akan dipantulkan kembali ke bumi dan mengakibatkan bumi menjadi sangat panas. Hal inilah yang disebut dengan efek rumah kaca atau global warming.

Berbagai sumber seperti asap pabrik, pembakaran sampah, kebakaran hutan dan asap kendaraan bermotor adalah contoh penghasil gas karbon dioksida di udara. Selain itu, efek rumah kaca juga dapat disebabkan dari hasil pembakaran fosil (batu bara dan minyak bumi) yang berupa hasil buangan bentuk CO2 dan sulfur belerang.

Dua jenis gas tersebut merupakan jenis gas yang menyebabkan pencemaran udara. Dengan membatasi kedua gas tersebut maka kita akan membantu mencegah pemanasan global lebih parah lagi. Selain itu kita juga harus mengimbanginya dengan menanam banyak pohon di sekitar lingkungan kita untuk membantu menguranginya.

Oleh karena itu penting juga bagi untuk mendeteksi keberadaan gas tersebut di udara, Anda dapat mendeteksi gas tersebut menggunakan alat gas detector. Alat ini sering digunakan pada kalangan industri dan juga tempat lain yang memungkinkan adanya gas tersebut.

comments powered by Disqus
Close
Close