Blog

Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Cuaca

Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Cuaca – Cuaca merupakan dinamika alam dalam suatu wilayah yang mudah berubah – ubah. Secara alami cuaca akan memiliki tanda – tandanya, namun belakangan ini perubahan iklim juga sangat berpengaruh terhadap cuaca.

Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Cuaca

Mungkin Anda sering mendengar istilah cuaca ekstrim, istilah tersebut adalah untuk menggambarkan cuaca yang sulit diprediksi dan cenderung mudah berubah – ubah. Hal ini tentu akan membuat para peneliti dalam memprediksinya, bahkan dengan teknologi canggih seperti satelit dan alat pemantau cuaca (weather station) namun cuaca masih sulit diprediksi.

Lantas hal apa sajakah yang menjadi faktor yang mempengaruhi perubahan cuaca tersebut :

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan suatu keadaan ketika panas (radiasi matahari) terperangkap di atmosfer (lapisan troposfer) dan tidak terlepas kembali ke luar angkasa, hal ini sering disebut dengan ‘Greenhouse effect’. Akibatnya suhu permukaan bumi meningkat dan menjadi lebih panas, fenomena ini diakibatkan karena gas rumah kaca yang dihasilkan oleh alam atau aktivitas manusia. Namun faktor terbesarnya adalah karena aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan, hal ini menyebabkan penumpukan gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global semakin parah.

Gas rumah kaca merupakan gas di atmosfer yang dapat menyerap dan memantulkan radiasi matahari yang dihasilkan dari aktivitas manusia, gas tersebut antara lain adalah CO2, CFC, CH4 dan sebagainya. Walau seperti itu, gas rumah kaca juga ada yang disebabkan karena aktivitas alami namun itu hanya sebagian kecil saja, sedangkan aktivitas manusia yang menyebabkan terbentuknya gas rumah kaca adalah sebagai berikut :

  • Pembakaran bahan bakar fosil yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor
  • Deforestasi
  • Pertanian dan peternakan yang menggunakan pupuk berlebihan
  • Penggunaan cholorofluorocarbon (CFC) untuk lemari es dan aerosol
  • Limbah gas industri, pertambangan dsb

Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan keadaan dimana suhu bumi mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya dan inilah yang menjadi awal fenomena tersebut. Faktor emisi gas karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya akan menyebabkan kenaikkan suhu bumi sehingga panas bumi akan terperangkap dan membuat suhu bumi meningkat. Hasil akhirnya akan membuat berbagai perubahan iklim dan cuaca yang kini belakangan ini terjadi.

Kerusakan Lapisan Ozon

Lapisan ozon (O3) terletak di stratosfer ini berperan dalam menghalau radiasi ultraviolet B (UV-B) dari matahari, jadi bila lapisan ini rusak maka bumi akan lebih mudah terpapar radiasi sinar UVB. Dalam tingkat yang sudah lebih parah maka radiasi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada susunan DNA. Manusia yang terpapar radiasi tersebut maka akan dapat terserang penyakit kanker kulit dan katarak, selain itu makhluk hidup lainnya juga akan terpengaruh sehingga akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem. Gas CFC yang dihasilkan dari aktivitas manusia akan menyebabkan kerusakan lapisan ozon.

comments powered by Disqus
Close
Close