Blog

Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan

Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan – Hujan merupakan peristiwa alami berupa turunnya rintik – rintik air dari langit. Hujan mempunyai banyak manfaat untuk bumi kita, peristiwa ini akan sangat bergantung pada curah hujan pada suatu daerah.

Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan

Setiap tempat atau daerah mempunyai curah hujan yang berbeda – beda karena hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Curah hujan juga dapat diukur menggunakan alat pemantau cuaca atau weather station yang berguna untuk memprediksi datangnya hujan pada suatu tempat atau wilayah. Lantas apa saja faktor yang mempengaruhi curah hujan pada suatu tempat / wilayah :

  1. Jarak dari sumber air

Laut merupakan sumber air utama untuk terjadinya penguapan yang akan sangat berpengaruh terhadap curah hujan. Daerah yang semakin dekat dengan laut maka akan memiliki curah hujan yang tinggi karena dekat dengan penguapan, begitu pula sebaliknya dimana tempat yang jauh dari laut akan memiliki curah hujan yang rendah. Hal ini karena kondensasi awan akan mencair dan menjadi hujan sebelum mencapai tempat tersebut.

  1. Perbedaan Suhu tanah dan perairan

Suhu antara lautan dan daratan yang berbeda juga akan menjadi faktor yang mempengaruhi curah hujan berikutnya. Bila pada suatu daratan atau suhu tanah pada suatu tempat lebih tinggi dari pada perairan maka hujan akan lebih sering terjadi di perairan, begitu pula sebaliknya bila yang lebih tinggi adalah suhu perairan maka hujan akan turun di daerah daratan.

  1. Arah angin

Faktor arah angin menjadi faktor selanjutnya yang akan mempengaruhi curah hujan pada suatu wilayah. Hal ini karena anginlah yang akan membawa awan hujan ke suatu tempat atau wilayah sebelum diturunkan menjadi hujan. Karenanya daerah yang mempunyai banyak angin akan lebih sering diguyur hujan dibandingkan dengan daerah yang tidak memiliki angin yang cukup banyak.

  1. Tinggi tempat

Banyak sedikitnya hujan yang turun pada suatu wilayah juga akan sangat ditentukan dari ketinggian tempat atau wilayah tersebut. Curah hujan akan semakin rendah pada tempat yang semakin tinggi, sebaliknya semakin rendah suatu tempat maka curah hujannya semakin banyak. Hal ini disebabkan karena ketinggian suatu tempat juga akan berpengaruh terhadap suhunya dimana semakin tinggi suatu wilayah juga akan membuat suhunya semakin rendah yang menyebabkan curah hujan semakin rendah.

  1. Garis lintang

Curah hujan pada suatu tempat atau wilayah juga akan dipengaruhi oleh faktor garis lintang dimana semakin dekat suatu daerah dengan garis khatulistiwa atau garis lintang rendah maka akan memiliki curah hujan yang tinggi. Begitu pula sebaliknya pada daerah yang semakin menjauh dari garis khatulistiwa maka akan memiliki curah hujan yang semakin rendah.

  1. Luas daratan

Ternyata besar atau luas daratan pada suatu wilayah juga akan mempengaruhi curah hujan. Daerah atau wilayah yang mempunyai daratan yang semakin luas akan memiliki curah hujan yang semakin rendah, begitu pula sebaliknya. Hal ini juga disebabkan karena dekatnya suatu wilayah dengan garis pantai.

  1. Deretan pegunungan

Daerah pegunungan atau yang memiliki deretan gunung akan mempunyai curah hujan yang rendah karena deretan pegunungan akan menjadi benteng dan menahan awan hujan mencapai daerah yang ada dibalik pegunungan. Hal ini karena awan hujan bila melewati pegunungan maka akan semakin naik sehingga membuat curah hujan di daerah dibalik pegunungan akan memiliki curah hujan rendah.

comments powered by Disqus

Check Also

Close
Close
Close