Blog

Faktor Yang Mempengaruhi Cuaca

Faktor Yang Mempengaruhi Cuaca – Cuaca merupakan salah satu pertistiwa alam yang kita rasakan sehari – hari. Perubahan suhu, kelembaban udara, angin, dan curah hujan adalah hal yang sering terjadi dan merupakan faktor yang menentukan cuaca.

Faktor Yang Mempengaruhi Cuaca

Mungkin kita juga sering mengalami perubahan kondisi cuaca yang cepat seperti pada pagi hari cerah namun pada siang atau sorenya hujan deras. Cuaca memang dapat berubah dalam waktu yang cepat, berbeda dengan iklim yang dapat berlangsung lebih lama.

Namun dengan kemajuan teknologi yang dimiliki manusia kini cuaca dapat diprediksikan dengan cukup akurat. Dengan bantuan satelit pemantau cuaca dan alat pemantau cuaca / weather station kini prakiraan cuaca dapat kita ketahui setiap harinya.

Peralatan tersebut akan memantau dan mengamati semua faktor yang mempengaruhi cuaca untuk kemudian data tersebut akan diproses dan menghasilkan prakiraan cuaca pada suatu wilayah. Untuk lebih jelasnya berikut adalah faktor yang mempengaruhi cuaca :

  1. Suhu Udara

Kondisi seperti panas, sejuk atau dingin merupakan hal yang biasa dirasakan di permukaan bumi dan inilah yang disebut suhu. Seperti yang kita ketahui bahwa penyinaran Matahari berupa radiasi gelombang elektromagnetik akan membuat bumi menerima panas, namun radiasi sinar Matahari ini tidak seluruhnya sampai ke permukaan Bumi karena ada yang dipantulkan kembali. Akan tetapi radiasi yang sampai pada permukaan bumi akan menyebabkan panas yang dapat mempengaruhi cuaca.

  1. Tekanan Udara

Selanjutnya faktor tekanan udara juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi cuaca selanjutnya. Tekanan udara ini merupakan tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara dalam satuan wilayah tertentu dari suatu tempat ke tempat lainnya dan tekanan udara akan sangat dipengaruhi tingkat kepadatan atau kerapatan (densitas) massa udara.

  1. Angin

Dengan adanya perbedaan tekanan udara di berbagai wilayah di muka Bumi akan menyebabkan terjadinya gerakan massa udara. Pergerakan massa udara ini terjadi dari daerah bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah dan polanya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu adveksi, konveksi dan turbulensi.

  1. Kelembaban Udara dan Awan

Massa udara terdiri dari berbagai macam gas dengan kandungan yang berbeda dan salah satunya adalah uap air. Banyaknya uap air yang terkandung dalam sejumlah massa udara disebut dengan kelembaban dan kelembaban udara ini dapat Anda ukur menggunakan alat Higrometer atau Psycometer Asmann.

  1. Presipitasi (Curah Hujan)

Curah hujan merupakan kandungan titik – titik air dalam awan. Semakin lama awan ini semakin tinggi dan apabila awan sudah tidak mampu lagi menampung titik – titik air karena sudah cukup banyak maka akan dijatuhkan kembali ke permukaan Bumi dalam bentuk hujan atau presipitasi.

comments powered by Disqus
Close
Close