Blog

Fakta Tentang Pesawat Terbang

Fakta Tentang Pesawat Terbang – Bila Anda pernah naik pesawat tentu Anda pernah merasakan sesuatu hal yang membuat kondisi tidak nyaman selama penerbangan. Namun bila Anda merasakan hal tersebut selama di dalam pesawat maka Anda tidak perlu khawatir karena pesawat sudah dilengkapi teknologi yang canggih dan pilot yang sudah berpengalaman dengan jam terbang tinggi.

Fakta Tentang Pesawat Terbang

Bila Anda sering bertanya – tanya tentang apa yang sedang terjadi selama penerbangan maka Anda beruntung karena ada seorang pilot dari Amerika yang mau menjawab beserta menjelaskan fakta sebenarnya. Tom Bunn seorang kapten pilot dan juga terapis berlisensi ini mengungkapkan beberapa fakta tentang pesawat terbang sebagai berikut :

Apa yang terjadi ketika pesawat tersambar petir?

Pesawat tersambar petir sebenarnya adalah hal yang biasa, bahkan umumnya sebuah pesawat dapat tersambar petir sebanyak 2 kali dalam setahun. Bahkan seorang pilot kadang tidak tahu bahwa pesawatnya tersambar petir karena di dalam hanya terdengar bunyi keras disertai kilatan cahaya. Sampai pesawat benar – benar mendarat barulah pilot dapat mengetahui apakah itu sambaran petir atau listrik statis. Saat pesawat melewati awan maka terjadinya listrik statis adalah peristiwa yang umum terjadi, bila sayap pesawat seperti agak terbakar itu bisa jadi disebabkan karena sambaran petir.

Daerah mana yang seharusnya tidak boleh dilewati pesawat?

Hal pertama yang terpikir adalah ditembak jatuh di tepi Ukraina, hal ini merupakan situasi dimana semua maskapai harus segera mengetahuinya. Pesawat komersil seharusnya tidak diperkenankan melewati daerah militer yang mana pesawat anti rudal tengah beroperasi, radius jaraknya adalah sekitar 60 ribu kaki.

Apakah pesawat aman jika terbang saat terjadi badai?

Jawabannya bisa iya atau tidak, apabila ada angin yang sangat kencang yang disebut downburst tentu pesawat akan menunda pendaratannya. Apabila pesawat masih berada pada ketinggian 5.000 kaki maka hal itu masih aman, namun badai dapat membuat pesawat turun menjadi 50 kaki dari tanah. Oleh karena itu pilot akan menunda pendaratan bila terjadi badai, dengan teknologi canggih seperti satelit pemantau cuaca maupun weather station (alat pemantau cuaca) tentu pihak bandara dapat menentukan apakah cuaca yang terjadi aman untuk melakukan pendaratan atau tidak.

Apakah turbulensi membuat pesawat terjatuh?

Jawabannya adalah tidak, namun ada satu kasus yang dialami pesawat British Airlines yang jatuh di Gunung Fuji akibat turbulensi. Aliran jet yang sangat kuat dan Gunung Fuji yang berbentuk unik membuat pesawat tersebut masuk ke beberapa situasi turbulensi yang mematahkan pesawat, namun pada umumnya pesawat sudah dirancang dan dilengkapi dengan peralatan yang dapat mengatasi hal tersebut.

Apakah pesawat bisa jatuh kapan saja?

Jawabannya juga tidak, hal ini karena pesawat tidak dapat jatuh begitu saja tanpa adanya kerusakan lebih dahulu. Pesawat dilengkapi dengan berbagai perlengkapan yang hampir tidak memungkinkannya jatuh begitu saja dalam penerbangan normal atau bahkan badai sekalipun.

Apa yang terjadi jika salah satu mesin rusak?

Sebenarnya pesawat masih dapat terbang walau hanya dengan satu mesin saja, namun bila hal ini terjadi pilot seharusnya melakukan pendaratan secepatnya karena sudah tidak ada cadangan mesin lagi. Namun, lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat, FAA mengatakan pesawat tidak bisa terbang dengan satu mesin dan sebaiknya pilot segera mencari bandara terdekat untuk melakukan pendaratan.

Apa yang terjadi jika ponsel menyala saat pesawat lepas landas?

DI Amerika hal semacam ini sebenarnya tidaklah masalah, ponsel bukanlah merupakan ancaman saat pesawat akan melakukan lepas landas. Hal ini karena frekuensi atau sinyal ponsel tidak bekerja pada frekuensi yang digunakan dalam penerbangan.

Jika jendela pecah, apakah penumpang akan terlempar keluar?

Kabin di dalam pesawat sebenarnya memiliki dua jendela dimana salah satunya adalah struktural, sementara yang lainnya adalah untuk menjaga tangan Anda menyentuh yang struktural. Kaca jendela tersebut dibuat menggunakan plexiglass yang sangat kecil kemungkinannya untuk rusak, sementara di kokpit tidak menggunakan plexiglass, namun menggunakan kaca yang sangat kuat yang sangat kecil pula kemungkinannya untuk pecah.

Apa yang ditakutkan pilot?

Sebenarnya tidak banyak yang ditakutkan oleh pilot karena pesawat sudah dilengkapi dengan berbagai keamanan untuk memastikan penerbangan berlangsung aman. Biasanya yang dikhawatirkan pilot adalah memiliki rasa tanggung jawab terhadap ratusan nyawa dan ketakutan terbesar mereka adalah rasa gagal akan tanggung jawab tersebut.

comments powered by Disqus
Close
Close