Blog

Dampak Cuaca Panas Terhadap Tubuh

Dampak Cuaca Panas Terhadap Tubuh – Cuaca merupakan kondisi di sekitar kita yang dapat berubah – ubah dalam jangka waktu yang relatif cepat, sebagai contohnya adalah hujan dan panas. Cuaca ini akan sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita, sebagai contohnya moda transportasi seperti pesawat dan kapal laut selama perjalanannya akan sangat tergantung pada kondisi cuaca.

Dampak Cuaca Panas Terhadap Tubuh

Oleh karena itu di bandara maupun pelabuhan, penggunaan alat pemantau cuaca / weather station merupakan hal wajib yang harus digunakan selain mengandalkan citra satelit. Ternyata cuaca juga akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita, tidak hanya cuaca hujan / dingin yang akan membuat kita sakit seperti pilek, hipotermia / kedinginan dsb, cuaca panas juga akan berdampak pada kesehatan tubuh kita.

Kondisi cuaca yang terlampau panas juga akan menyebabkan kita mengalami masalah kesehatan. Berikut adalah dampak cuaca panas terhadap tubuh :

Dampak Cuaca Panas Terhadap Tubuh

Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah atau migrain adalah efek samping yang disebabkan bila kita berada pada cuaca panas dalam waktu yang cukup lama. Selain itu polusi udara yang biasa terjadi ketika cuaca panas juga dapat menyebabkan kita terserang migrain. Apabila Anda mudah terserang migrain selama cuaca panas maka Anda harus menghindari kontak langsung dengan sinar matahari seminimal mungkin.

Sakit Mata

Cuaca panas yang biasa terjadi pada musim kemarau dapat memicu kotoran, debu dan asap yang lebih banyak dijumpai apabila kita beraktivitas di luar ruangan. Bila kotoran, debu dan asap ini mengenai mata Anda maka dapat menyebabkan mata merah, gatal atau panas. Oleh karena itu bila Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan maka disarankan untuk menggunakan kacamata untuk melindungi mata Anda, selain itu Anda juga dapat menggunakan masker.

Panas Dalam

Panas dalam juga dapat dialami seseorang ketika terpapar cuaca panas dalam waktu yang cukup lama, terlebih lagi bila Anda mengkonsumsi makanan yang kurang sesuai dengan kondisi cuaca seperti terlalu banyak memakan gorengan atau pedas, maka dapat memicu masalah panas dalam. Saat Anda terserang panas dalam maka Anda akan merasa tubuh terasa tidak fit, demam, pilek, sariawan, tenggorokan kering hingga gangguan pencernaan seperti sembelit.

Infeksi Saluran Pernapasan

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa cuaca panas akan memicu banyak debu dan kotoran yang beterbangan yang mungkin terhirup oleh kita sehingga mengganggu pernafasan kita. Gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan rentan menyerang saat cuaca panas yang mengundang debu dan kotoran, oleh karena itu selalu gunakan masker setiap kali Anda beraktivitas di luar ruangan, terutama saat mengendarai kendaraan umum atau motor untuk meminimalisir resikonya.

comments powered by Disqus
Close
Close