Blog

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Cara Mengatasi Pemanasan Global – Tim ilmuwan asal Kanada berhasil menciptakan alat yang dapat memproduksi magnesit dengan cepat, magnesit sendiri merupakan mineral yang berfungsi menyerap dan menyimpan karbon dioksida. Dengan meningkatnya pemanasan global yang disebabkan karbon dioksida membuat alat ini menjadi penemuan penting.

Alat ini dapat menjadi senjata kita dalam melawan atau memperlambat efek pemanasan global bila dapat diproduksi dalam jumlah besar. Seperti yang kita ketahui bahwa pemanasan global merupakan biang keladi dari meningkatnya suhu permukaan bumi dan akibatnya menyebabkan perubahan iklim.

Perubahan iklim yang sedang terjadi ini sudah sampai pada tahap yang cukup mengkhawatirkan. Dapat dikatakan demikian karena kini para ahli cuaca dan iklim menjadi lebih sulit dalam memprediksi cuaca atau iklim yang akan terjadi meskipun sudah menggunakan peralatan canggih seperti satelit dan alat pemantau cuaca / weather station.

Dalam presentasi yang dilakukan di konferensi Goldschmidt di Boston beberapa waktu lalu para ilmuwan menjelaskan untuk mempercepat proses pembentukan magnesit maka ahli menggunakan polistirena berbentuk bola – bola kecil.

Hal ini merupakan terobosan yang cukup revolusioner bagi dunia, karena proses pembentukan megnesit yang secara alami membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun dapat diselesaikan selama 3 bulan atau lebih tepatnya 72 hari. Pada awalnya mereka menganalisis bagaimana mineral penyimpanan karbon dioksida yang disebut magnesit terbentuk di alam, barulah setelah itu mereka mencari cara untuk mempercepat proses pembentukannya di laboratorium.

Jadi para ahli dari Trent University di Ontario, Kanada ini awalnya mengamati proses pembentukan magnesit secara alami kemudian mereka mencoba mempercepat prosesnya di laboratorium.

Untuk dapat menciptakan magnesit dalam 72 hari, para ilmuwan menggunakan mikrosfer polistirena sebagai katalis, mineral magnesit berfungsi untuk menyerap dan menyimpan karbon dioksida. Proses ini berlangsung pada suhu kamar sehingga proses pembentukan magnesit tidak membutuhkan biaya yang besar.

Selain menggunakan mikrosfer polistirena, para ilmuwan juga membutuhkan unsur pembentuk magnesit (MgCO3) dan teknologi sekuestrasi untuk mewujudkannya. Sebagai informasi bahwa gas karbon dioksida ini adalah gas yang menangkap panas pada atmosfer dan membuat planet kita menghangat atau disebut seperti rumah kaca, namun bila gas ini terlalu banyak juga akan semakin meningkatkan suhu bumi.

Diharapkan dengan teknologi ini kita dapat melawan atau memperlambat efek pemanasan global dengan menyedot karbon dioksida berlebih yang ada di udara. Harapan kedepannya adalah para ilmuwan dapat menemukan cara agar alat ini dapat diproduksi secara masal.

comments powered by Disqus

Check Also

Close
Close
Close