Blog

Cara Kapal Pesiar Melewati Badai

Cara Kapal Pesiar Melewati Badai – Alam seringkali tidak dapat kita prediksi, sedangkan setiap moda transportasi tidak dapat terlepas dari alam walau ada yang tidak terlalu terpengaruh. Akan tetapi moda transportasi seperti kapal pesiar akan sangat bergantung pada kondisi alam.

Cara Kapal Pesiar Melewati Badai

Meskipun kapal pesiar mempunyai bentuk yang besar dan kokoh, akan tetapi ingatlah bahwa lautan atau samudera sangat jauh lebih besar dan kondisinya akan sangat mempengaruhi pelayaran kapal. Namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat kapal pesiar yang berlayar dapat dibuat agar lebih tahan terhadap badai.

Lantas hal apa saja yang membuat kapal pesiar mampu berlayar melewati lautan berbadai?

Kita dapat mengambil contoh kapal pesiar Oasis Of The Seas, raksasa laut milik Royal Caribbean adalah saksi bisu dari ganasnya badai di laut lepas. Kapal penumpang ini mampu mengangkut 6.296 penumpang beserta awaknya yang membuatnya sebagai kapal pesiar terbesar ketiga di dunia. Kapal ini dibangun dengan lambung ekstra lebar untuk memberikan stabilitas tambahan terutama dalam kondisi badai ganas sekalipun.

Ukurannya yang sangat besar inilah yang bahkan membuatnya tidak dapat melewati Terusan Panama. Namun hebatnya kapal ini mampu menghadapi gelombang atau badai yang paling tidak bersahabat sekalipun. Hal ini sudah dibuktikan kapal ini saat tengah dalam perjalanan dari Finlandia menuju Florida pada November 2009 silam.

Dalam perjalanannya, kru menyebutkan bahwa kapal berjalan melewati peristiwa alam yang disebutkan hampir mendekati angin topan / tornado kekuatannya. Mereka menyebutkan bahwa gelombang laut setinggi 12 meter selalu menemani mereka dalam perjalanannya. Dan yang mengejutkan adalah kapal berhasil melewatinya dengan selamat sampai tujuan meskipun ada beberapa bagian kapal yang harus diperbaiki.

Hal yang serupa juga dialami kapal tangker LPG/C Venere saat menghadapi topan pada 19 Januari 2013 silam. Kapal berukuran super besar tersebut dihantam oleh ombak yang ketinggiannya rata – rata mencapai 7 meter, bahkan sebuah kamera pengawas yang disimpan di lambung kapal merekam bagaimana kapal ini tetap bertahan ketika dihantam badai. Meskipun bagian lambung kapal tersebut terlihat meliuk – liuk terhempas terpaan ombak, namun kehebatan para insinyur dalam membuat kapal pengangkut raksasa ini patut diapresiasi.

Salah satu kunci kapal – kapal tersebut dalam melewati badai di laut lepas adalah rancangan dan stabilisinya yang mendalam. Hal ini akan memberikan tumpangan yang nyaman bagi para penumpang bahkan di laut yang ganas sekalipun.

Selain itu, pemeliharaan dan perawatan kapal juga akan membantu menunjang kapal dalam melewati badai. Perbaikan dan pengecekan rutin merupakan hal wajib yang harus dilakukan.

Tidak lupa juga kapal harus dilengkapi dengan teknologi navigasi yang canggih, ruang publik dan akomodasi, fasilitas penumpang yang up to date, hingga alat pemantau cuaca / weather station akan membantu kapal menganalisa kondisi di laut lepas sehingga kapal lebih siap dalam melewati badai.

comments powered by Disqus
Close
Close