Blog

Alat Untuk Meteorologi

Alat Untuk Meteorologi – Gejala alam seperti cuaca dan iklim akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Dahulu manusia memprediksi cuaca dan iklim dengan cara yang masih sangat sederhana, namun dengan perkembangan teknologi pada manusia telah membuat cuaca dan iklim dapat dikembangkan dengan baik dan dapat diaplikasikan dalam bentuk pengetahuan atau keilmuan.

Alat Untuk Meteorologi

Salah satu ilmu yang mempelajari cuaca dan iklim adalah Meteorologi, ilmu ini merupakan sebuah ilmu interdisipliner yang mempelajari atmosfer untuk cuaca dan iklim. Studi ini telah dilakukan selama ribuan tahun meski kemajuan yang signifikan baru terjadi pada abad ke-18 dan barulah pada abad ke-19 sebuah gebrakan besar terjadi setelah pengamatan terkoordinasi yang dilakukan lintas negara.

Setelah pengembangan komputer di pertengahan abad ke-20, pengamatan cuaca dapat dilakukan melalui digitalisasi komputer. Saat ini, pengamatan cuaca semakin mudah untuk dilakukan, bahkan orang awam sekalipun dapat melihat kondisi cuaca di lingkungan sekitarnya melalui telepon pintarnya (smartphone).

Akan tetapi handphone tersebut juga memiliki keterbatasan dimana tidak dapat melakukan pencatatan dan analisa lebih lanjut dari cuaca yang dipantau. Dan disinilah, alat – alat Meteorologi berperan untuk mengelola data cuaca hasil pemantauan yang kemudian dapat dianalisa sehingga dapat digunakan untuk prediksi dan antisipasi cuaca ekstrim. 

Lantas alat apa saja yang digunakan untuk keperluan meteorologi, berikut adalah alat – alat meteorologi yang paling umum digunakan :

Alat Untuk Meteorologi

  1. Weather Station

Weather station (Stasiun Cuaca) merupakan alat yang digunakan untuk merekam dan mencatat segala perubahan cuaca, iklim dan atmosfer bumi di suatu wilayah secara otomatis dengan kecepatan tinggi dan akurat. Weather Station Onset dapat digunakan untuk merekam perubahan cuaca dan dapat diaplikasikan untuk penelitian pertanian, ekologi, metrologi, atmosfer, suhu, iklim, dan penelitian lainnya yang berhubungan dengan cuaca.

  1. Leaf Wetness

Leaf Wetness Smart Sensor digunakan untuk perekaman data tingkat kebasahan daun yang akurat pada sejumlah tanaman yang sedang tumbuh dan diteliti. Sensor dapat langsung digunakan dan tidak memerlukan penginstalan yang rumit, sensor ini menggunakan jaringan kapasitif sehingga tidak sensitif terhadap residu permukaan dari pada sensor berbasis grid resistif dan dilengkapi pengukuran yang konsisten antara sensor dan stabilitas untuk jangka panjang.

  1. Solar Radiation

Solar radiaton adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur dan memantau energi radiasi yang dipancarkan oleh matahari yang pada khususnya adalah energi elektromagnetik. Sekitar setengah dari radiasi berada di bagian gelombang pendek spektrum elektromagnetik.

  1. Barrometric Pressure

Tekanan barometrik (juga dikenal sebagai tekanan atmosfer) adalah gaya yang diberikan oleh atmosfer pada titik tertentu. Ini dikenal sebagai “bobot udara”. Barometer mengukur tekanan barometrik. Pengukuran tekanan barometrik dapat dinyatakan dalam milibar (mb) atau dalam inci atau milimeter merkuri (Hg). Tekanan normal di permukaan laut adalah 1013,3 milibar atau 29,92 inci merkuri. Fluktuasi tekanan barometrik biasanya merupakan tanda kondisi cuaca. Peningkatan tekanan biasanya sebagai tanda adanya perubahan cuaca sementara tekanan rendah dapat menjadi tanda cuaca buruk akan datang. Tekanan barometrik juga akan bervariasi dengan ketinggian dan kelembaban.

  1. Temperature / RH

Temperature / RH Data Logger atau Data Logger Suhu dan Kelembaban adalah seperangkat alat yang berfungsi sebagai perekam suhu dan kelembaban secara berkesinambungan (terus menerus) ke dalam bentuk data. Data yang telah direkam dapat tersimpan dan disalin ke dalam PC / komputer untuk diolah atau dapat dilihat secara langsung (live data). Cara kerja dari data logger suhu adalah sensor akan mendeteksi perubahan panas dingin suatu ruangan kemudian perubahan tersebut akan diubah menjadi sinyal listrik yang telah diukur secara otomatis. Setelah itu sinyal listrik akan dikirimkan ke mikroprosessor pada data logger untuk diolah menjadi data (dalam bentuk log).

comments powered by Disqus
Close
Close